pertimbangan memelihara hamster

Sebelum memutuskan untuk memelihara hamster ada baiknya pertimbangkan dahulu hal-hal di bawah ini:
1. Tanggung jawab.
Hewan peliharaan termasuk hamster bukanlah barang atau mainan apalagi komoditas bisnis semata! Mereka adalah mahluk hidup yang memiliki nyawa. Dengan memelihara hewan peliharaan berarti anda siap untuk memenuhi hak-hak yang dimiliki hewan tersebut dengan layak.

2. Keluarga atau orang yang akan tinggal bersama dengan hewan yang akan anda pelihara.
Memelihara hewan peliharaan berarti menambah 'anggota keluarga baru' yang tinggal bersama anda. Pastikan orang-orang yang akan tinggal dengan hewan peliharaan anda menerima keberadaanya. Andalah penanggung jawab utama 'anggota keluarga baru ini', bila memungkinkan ajaklah anggota keluarga anda yang lain untuk ikut berpartisipasi, berikan mereka pengetahuan tentang hewan peliharaan yang anda beli dan bagaimana cara merawatnya.
Memelihara hewan peliharaan berbulu tidak disarankan untuk anda yang alergi terhadap bulu. Apabila anda atau keluarga anda memiliki alergi terhadap bulu dan tetap ingin memelihara hamster, gunakan sarung tangan ketika memegang hamster. Lebih baik memilih hamster dengan bulu yang pendek dibanding bulu panjang/angora. Mintalah tolong kepada orang yang tidak alergi untuk membersihkan kandang.

3. Hamster adalah hewan crepuscular.
Crepuscular berarti cenderung aktif di sore hari, dan dini hari sebelum pagi. Hamster terkadang juga aktif tepat ditengah malam dan tertidur di waktu waktu lainnya. Oleh karena itu hamster mungkin tidak cocok bagi anak-anak dibawah 10 tahun atau bagi anda yang hanya memiliki waktu luang di siang hari, dan dapat terganggu oleh kegiatan mereka di malam hari.

4. Hewan lain di rumah.
Di habitat aslinya hamster merupakan mangsa bagi hewan-hewan pemakan daging. Lebih baik jauhkan kucing, anjing, elang, ular, tikus besar atau hewan pemangsa lainnya. Apabila memang tidak memungkinkan berikan hamster kandang yang cukup aman dari jangkauan hewan peliharaan lainnya.

5. Anak kecil.
Anak kecil baiknya selalu diawasi ketika berada dekat dengan hewan peliharaan. Hamster terkadang dapat menggigit apabila merasa terancam, atau terkadang dapat stress apabila merasa terganggu. Berikan pengertian kepada anak anda tentang bagaimana selayaknya memelihara hewan dengan bertanggung jawab, hamster bukanlah mainan.

6. Beban perawatan.
Seperti halnya hewan peliharaan lainnya memelihara hamster tetap membutuhkan sedikit usaha dan biaya walaupun tidak terlalu memberatkan. Terdapat biaya yang harus dikeluarkan tiap bulannya utamanya untuk membeli makanan dan bedding / alas kandang, terkadang juga diperlukan biaya lain untuk suplemen, aksesoris, dan kesehatan. Selain itu diperlukan waktu dan usaha untuk memberi dan mengganti makanan dan air minum setiap harinya juga setidaknya sebulan sekali untuk membersihkan kandang dan mengganti bedding.
Bagaimana? Sudah mempertimbangkan masak masak? masih ingin memelihara hamster?

oke kita lanjutkan dengan menyediakan perlengkapan untuk memelihara hamster...