memilih hamster untuk diadopsi

1. Karakter umum.
Ketahui dulu karakter masing2 jenis hamster, dan pilih yang cocok dengan kepribadian anda. Walaupun masing-masing individu hamster memiliki kepribadian yang unik, berikut karakter umum yang biasa ditemui pada masing masing jenis hamster:
  • Hamster Syrian.
Cukup jinak kepada manusia, Tidak terlalu lincah sehingga mudah untuk diajak bermain. Soliter, cukup satu ekor tiap kandang. Terdapat jenis short hair dan long hair/angora. Merupakan spesies yang paling besar tentu membutuhkan makanan yang lebih dan kandang yang cukup serta perawatan yang lebih. Cenderung agresif pada sesama hamster.
  • Hamster Roborovski.
Ukuran paling kecil dari hamster lainnya. Lifespan hingga 4 tahun. Sangat lincah. Walaupun jarang mengigit tetapi susah dijinakan. Sulit ditangkap. Karena bersifat sosial disarankan memelihara dua ekor atau lebih.
  • Hamster Campbel
Lincah. Banyak pilihan variasi warna. Dapat hidup berdampingan dengan hamster lainnya apabila dikenalkan sejak muda (diabawah umur 2  bulan). Dikenal suka mengigit.
  • Hamster Winter White.
Lincah. Banyak variasi warna. Jinak. Dapat hidup berdampingan dengan hamster lainnya apabila dikenalkan sejak muda (diabawah umur 2  bulan). Cenderung lebih sering buang air kecil dibanding campbel.
  • Hamster Hybrid.
Merupakan hasil crossbreeding antara campbel dan winter white sehingga memiliki variasi warna yang lebih banyak. Karakter secara umum lebih mendekati kepada winter white. Dikhawatirkan lebih mudah terkena penyakit seperti tumor dan diabetes.
*. Jangan terpengaruh dengan alasan penjual hamster, pilihlah hamster yang memiliki karakter yang cocok dengan kepribadian anda.

2. Umur hamster.
Pada umumnya hamster dapat dipisahkan dari induknya setelah berumur 30 hari, diumur tersebut hamster sudah dapat mandiri. Namun demikian disarankan memilih hamster yang berumur setidaknya 45 hari, diharapkan pada umur tersebut hamster sudah benar-benar mandiri dan kuat secara fisik maupun mental.

3. Jenis kelamin / sexing.
Untuk membedakan jenis kelamin hamster sebenarnya cukup mudah, namun terkadang sulit bagi pemula apalagi membedakan pada saat umur hamster masih sangat muda (dibawah 30 hari). Pada umumnya membedakan jantan betinanya hamster cukup dengan mengamati jarak anus dan lubang alat kelamin hamster. Pada betina jarak keduanya sangat berdekatan, sedangkan jantan sedikit lebih jauh juga memiliki kelenjar bau yang terlihat kekuningan (lebih mudah terlihat pada hamster dewasa).
Anda tidak harus memelihara hamster secara berpasangan (jantan betina). Untuk menghindari kelahiran yang tidak diinginkan, anda dapat memelihara dua atau lebih hamster dengan jenis kelamin yang sama. Menurut pengalaman hamster jantan memiliki tempramen yang rendah dibanding betina, sehingga diharapkan dapat mengurangi resiko perkelahian di kemudian hari.

4. Kondisi fisik / kesehatan
Lincah, segar, dengan mata yang bercahaya. Karena hamster hewan yang aktif disore dan malam hari, sebaiknya anda memilih pada waktu-waktu tersebut. Karena pada siang hari adalah waktunya mereka untuk tidur. Tapi hati-hati juga terhadap hamster yang menderita flu, terlihat dari kondisi fisiknya yang lemas selalu mengantuk dan terlihat basah pada hidungnya seperti pilek. Flu pada hamster dapat berakibat fatal bagi hamster tersebut apabila tidak tertangani dengan baik
Memiliki bulu yang lebat tidak pitak ataupun rontok juga tidak terdapat benjolan yang tidak wajar di tubuhnya. Benjolan tersebut dapat berupa tumor yang umumnya terdapat di bagian samping atau perut. Apabila sudah parah benjolan tersebut dapat terlihat memerah atau bahkan membiru. Anda harus memegang hamster untuk memastikan tidak adanya benjolan tersebut.
Pantat yang kering. Hamster juga dapat terkena penyakit diare, ditandai dengan ekor yang basah / wet tail. Apabila tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan dehidrasi dan berujung kematian pada hamster.
Kotoran yang kering berwarna coklat kehitaman dengan bau yang tidak menyengat. Hal itu menandakan pencernaan hamster yang baik.

5. Penjual
Kini penjual hamster dapat dengan mudah ditemui. Mulai dari kaki lima, pet store, hingga internet. Beberapa kriteria yang setidaknya dapat membantu anda memilih tempat yang layak untuk mendapatkan hamster diantaranya:
  • Tempat penjualan
Kebersihan merupakan hal yang utama, hal ini menggambarkan bagaimana penjual memperhatikan kesehatan hamster dari kondisi lingkungannya. Perhatikan pula kebersihan kandang, bedding dan perlengkapannya. Hindari dari tempat yang memiliki bau menyengat, walaupun hewan memang terkadang berbau, namun bau yang terlalu menyengat menandakan kurangnya perawatan dan lingkungan yang kurang sehat.
Udara yang cukup sejuk. Hamster tidak menyukai udara yang panas, dan sangat berbahaya bagi mereka ( dapat mengakibatkan kematian / heat stroke).
Tempat yang ramai terkadang dapat membuat hamster stress, karena seringnya diganggu. Tentunya hamster yang stres lebih beresiko mudah terkena penyakit dibanding hamster yang bahagia.
  • Pemeliharaan
Perhatikan kondisi tempat hamster diperlihatkan. Apakah terdapat makanan yang sesuai bagi hamster dengan mencukupi, apakah terdapat air minum yang terlihat segar dan bersih. Adakah hamster yang sakit, kalaupun ada sebaiknya disimpan di kandang yang terpisah. Hal tersebut menunjukan bagaimana perlakuan penjual terhadap mahluk yang dijajakannya.
  • Pengetahuan penjual
Tanyakan jenis hamster, banyak penjual yang hanya menjual tanpa mengetahui apa yang mereka jual. Yang paling mendasar adalah jenis-jenis hamster (baca jenis-jenis hamster). Tanyakan juga  asal usul hamster,  umur hamster, bagaimana hamster tersebut dirawat sehari-harinya. Minta pendapat mereka bagai mana seharusnya merawat hamster. Penjual yang memang mengerti hamster tentu akan menjawab dengan baik dan jelas, tidak menganggap remeh apa yang mereka jual, menyarankan apa-apa yang memang perlu dan penting dengan tidak memaksakan apa yang harus anda beli. Apabila si penjual adalah sekaligus yang membiakan/breeder tanyakan pula bagaimana hamster yang dijajakan diternakan.
Dengan penjual yang memiliki pengetahuan yang luas tentang hamster selain menambah ilmu bagi anda, tentu mencerminkan bagaimana mereka memperlakukan hamster yang mereka jual. Berkualitas penjualnya tentu berkualitas pula hamster yang mereka jual.
Tiga poin tersebut merupakan kriteria utama memilih tempat untuk membeli hamster idaman anda. Namun, akan menjadi sulit ketika anda berhadapan dengan penjual di dunia maya / internet. Untuk itu  mintalah foto kondisi hamster yang mereka jual, juga keterangan-keterangan sedetail mungkin sehingga anda dapat terhindar dari penipuan. Akan lebih baik bila anda meminta alamat penjual dan anda yang mendatangi si penjual kemudian terapkan tiga poin di atas.

6. Membawa hamster
Setelah hamster idaman anda dapatkan saatnya anda membawa hamster tersebut ke habitat barunya yang telah anda siapkan di rumah. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anda akan membawa hamster dalam perjalanan, yaitu:
  • wadah yang layak
wadah yang yang digunakan baiknya disesuaikan dengan kondisi hamster dan jarak yang akan di tempuh. Wadah yang baik harus memiliki luas yang cukup dan aliran udara yang baik. Kotak dari kertas karton atau kardus dapat digunakan, asal diberi lubang ventilasi yang cukup dan dinding yang cukup tebal. Karton yang tipis terkadang dapat habis digigiti sehingga hamster dapat melarikan diri. Akan lebih baik bila anda memilih plastik kontainer kecil yang memang khusus untuk membawa hewan banyak di jual di toko dengan ukuran yang beragam. Alasi kotak dengan bedding dan makanan segar (mengandung air seperti kecambah atau wortel) secukupnya.
  • Waktu yang tepat
Waktu yang baik untuk membawa hamster bepergian adalah ketika suhu udara cukup sejuk, idealnya pagi atau sore atau malam. Namun hal tersebut dapat diakali dengan melindungi hamster dari panas terik dan perubahan suhu yang ekstrim. Bila menggunakan mobil yang dilengkapi air conditioner tentu bisa menyalakannya, apabila tidak  cukup buka jendala agar sirkulasi udara lancar dan  menjadi cukup  sejuk, simpan di tempat yang stabil dan teduh.
Apabila menggunakan motor hindari terkena angin langsung dan terik matahari. Gunakan tas kain yang cukup berpori sehingga udara tetap bersirkulasi namun cukup untuk menahan angin berlebih. Gunakan tas kain warna putih karena akan memantulkan cahaya sehingga dapat mengurangi panas. Berteduh bila tercegat hujan dan hindari guncangan berlebih.
Lebih cepat sampai tujuan lebih baik, dengan mempersingkat waktu perjalanan akan mengurangi resiko stress pada hamster anda. Setelah sampai di rumah, segera pindahkan 'anggota keluarga baru' anda ke 'kamar' yang telah anda persiapkan sebelumnya.
Rawatlah dengan baik berikan kasihsayang, perhatian, dan ajaklah bermain sesekali...