merawat hamster di rumah

Selamat telah mendapatkan anggota keluarga baru yang lucu imut dan menggemaskan!
Melihat tingkah laku hamster yang sehat, lucu dan menggemaskan dapat menjadi penghibur hari-hari anda. Untuk itu penting untuk anda merawat kesehatan hamster anda baik fisik maupun mentalnya agar tetap dalam keadaan yang prima.
Beberapa hal yang penting untuk diketahui bagi pemelihara hamster yaitu:

1. Keadaan kandang:
Posisikan kandang di tempat yang bersih, kering, memiliki sirkulasi udara yang  baik dan selalu mendapatkan udara yang segar. Keadaan yang lembab dapat mengundang jamur  yang berdampak tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya berada pada tempat yang tidak langsung terkena sinar mata hari, hamster tidak suka panas dan perubahan suhu yang drastis dapat membahayakan hamster. Hindari tempat yang terlalu sering dilalui orang, hal ini untuk menghindari stress pada hamster. Jauhkan dari ancaman-ancaman yang dapat merugikan hamster seperti tikus liar, kucing, anjing atau predator lainnya
Kebersihan adalah utama, luangkan waktu anda untuk membersihkan kandang secara teratur. Ganti bedding dengan yang baru dan bersihkan dinding kandang. Waktu yang tepat untuk membersihkan kandang yaitu ketika mulai tercium bau ketika anda mendekati kandang. Makin kecil kandang makin sering anda harus membersihkan dan mengganti beddingnya begitupun sebaliknya. Sering-sering mengganti bedding pun tidak baik, karena hamster harus beradaptasi kembali dengan kondisi yang baru.

2. Makanan, minuman, dan snack
Walaupun omnivora atau memakan tumbuhan dan daging, tetapi terdapat beberapa makanan yang harus dihindari karena dapat bersifat racun bagi hamster.(makanan hamster)
Banyak makanan hamster yang baik dijual di petshop. Ada yang berupa campuran bermacam biji-bijian kering, ada pula yang berbentuk pelet. Pilihlah makan yang masih terlihat segar dan bersih, tidak berkutu, tidak berpengawet, tidak mengandung pewarna buatan, dan lihat kandungan gizinya. Hamster membutuhkan setidaknya 20%protein, 60% kalori (karbohidrat dan lemak), dan sisanya serat, vitamin, mineral dan juga air. Karena hamster peliharaan tidak seaktif hamster di alam liar maka diperlukan diet kalori, kurangi kalori yang bersumber dari lemak. Kwaci bunga matahari sangat baik dan bergizi, namun karena kandungan lemaknya yang tinggi maka sebaiknya dibatasi pemberiannya sehari cukup 4-8 butir per hamster. Gunakan kwaci sebagai perantara untuk menjinakan hamster. Hamster sesekali dapat diberi makanan tambahan atau snack. Snack dapat berupa kwaci, yogurt, sayuran segar, atau biskuit.
Bila memungkinkan ganti air minum hamster setiap hari dengan air matang yang baru. Bila menggunakan botol setidaknya ganti setiap 3 hari sekali dan cuci botol dengan menggunakan pembersih hingga kedalambotol, untuk menghindari alga yang terbentuk di air di dalam botol. Sterilkan botol secara berkala dengan menyiramnya dengan air hangat.

3. Mandi
Hamster sangat suka membersihkan dirinya dengan cara menyisir bulunya dengan kaki dan kemudian menjilatinya. Hamster juga sangat menyukai mandi pasir, mereka akan berguling guling kemudian menggoyangkan badannya. Pasir pasir tersebut dapat menyerap minyak dan air yang menempel di tubuhnya. Sediakan pasir halus yang kering dalam wadah yang berat agar tidak dibalikan oleh hamster dan cukup besar untuk hamster berguling-guling di dalamnya. Hindari pasir  yang mengandung wewangian karena hamster mengandalkan penciuman untuk hidupnya. Juga hindari pasir yang terlalu berdebu karena dikhawatirkan dapat mengganggu pernafasan hamster. Jangan pernah! memandikan hamster dengan air kecuali disarankan dokter hewan karena suatu hal. Badan hamster sangatlah kecil tidak cukup menghasilkan panas tubuh untuk menguapkan air dan bulunya yang lebat dapat menyerap air layaknya kuas, hamster akan menderita hipotermia atau kedinginan yang dapat sangat berbahaya.

4. Bermain
Hamster sangatlah aktif mereka suka berlari, melompat dan memanjat. Sesekali keluarkan hamster dari kandang dan biarkan mereka bermain di luar kandang namun tetap awasi dan berhati-hati. Bola hamster tidak disarankan karena dianggap memaksakan hamster untuk berlari didalamnya dan tidak dapat mengontrol kemana dirinya berlari, bola hamster hanya menarik dari sudut pandang manusia yang melihatnya. Hamster juga dapat berinteraksi dengan pemiliknya dan dapat menjadi sangat jinak. Menjinakan hamster dapat dibilang mudah namun bisa juga menjadi sangat susah, tergantung dari karakter individu hamsternya dan sang majikannya dan akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan.
Salah satu cara untuk menjinakan hamster adalah dengan memberikan snack misalnya kuaci bunga matahari dari tangan anda langsung. Pegang kuaci di ujung jari anda, dan biarkan si hamster yang mendekati dan mengambilnya. Jangan paksakan dengan mendekat-dekatkan makanan kepada si hamster karena justru akan dianggap sebagai ancaman (kalau tidak menggigit ya berlari). apabila si hamster sudah terbiasa mendapatkan makanan langsung dari jari anda, pindahkan makanan ke telapak tangan anda, biarkan hamster naik sendiri ke tangan anda. Itu berarti hamster sudah percaya kepada anda  dan mengenal anda sebagai keluarganya...

Lakukan semuanya dengan hati yang ikhlas, bahagia, dan tanpa paksaan.... Selamat!