menangani hamster yang hamil dan bayi yang dilahirkannya

Terkadang terjadi kelahiran yang tidak terduga ketika memelihara hamster. Hal ini biasanya dikarenakan kesalahan mengenali jenis kelamin atau membeli hamster yang memang sudah terlanjur hamil. Masa kehamilan hamster adalah berkisar 20 - 30 hari. Hamster betina memiliki masa subur setiap 4 hari sekali, oleh karenanya terkadang hamster dapat langsung hamil kembali beberapa hari setelah melahirkan.

Ciri ciri hamster yang hamil dapat dikenali dari bentuk fisik hamster betina yang lebih gemuk dari biasanya, dan pinggang yang melebar. Senang membuat sarang dengan mengumpulkan serbuk yang telah mereka haluskan seratnya atau dari bahan lain yang tersedia di sekitarnya. Memiliki tempramen yang lebih agresif dari biasanya. Tetapi ciri-ciri tersebut tidak selalu terjadi, hal yang paling mudah mengetahui bahwa hamster anda hamil adalah ketika dia telah melahirkan anak anaknya :P.

Lalu apa yang perlu dilakukan apabila ternyata hamster anda hamil?. Apabila di dalam kandang terdapat lebih dari pasangan hamster (terdapat jantan atau betina lainnya) lebih baik pisahkan hamster lainnya tersebut, karena akan timbul resiko terjadi perkelahian hingga canibalisme. Tetapi, apabila memang sepasang suami istri biarkan keduanya dalam kandang, hamster jantan terkadang membantu hamster betina dalam menjaga dan merawat anak-anak mereka. Namun bila terjadi perkelahian segera pindahkan hamster jantan tersebut. Kecuali Hamster syrian, hamster syrian harus langsung dipisahkan jantan dan betinanya karena mereka cenderung akan berkelahi.

Selama kehamilan dan menyusui hamster membutuhkan porsi protein yang lebih tinggi dibanding biasanya. Hal tersebut karena untuk menunjang pertumbuhan janin dan kualitas susu induk betina nantinya. berikan makanan-makan yang mengandung protein tinggi seperti tahu dan putih telur, usahakan dengan takaran habis sekali waktu makan, bersihkan dan angkat sisa-sisanya.

Bedding sebaiknya jangan diganti dimulai dari bayi-bayi hamster lahir hingga bayi berumur 3 minggu atau ketika bayi sudah dapat membuka mata dan berjalan. Selama masa tersebut juga hindari dari gangguan berlebih, induk yang stress dapat memakan anaknya bahkan ketika umur anak sudah 3 minggu.

Setelah bayi bayinya berumur 6 minggu saatnya memisahkan anak-anak hamster dari induknya dan pisahkan jantan dan betinanya dalam kandang terpisah. Hamster berumur 6 minggu sudah mandiri dan dapat diadopsi oleh pemiliknya yang baru. Bersihkan kandang ganti bedding dan pisahkan hamster berdasarkan jenis kelaminnya untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan